Nifshu Sya'ban

Sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya :
Barang Siapa menghidupka malam 2 Hari Raya ( Idul Fitri dan Idul Adha ), dan malam Nifshu Sya'ban (tanggal 15 Sya'ban) maka hatinya tidak akan mati ketika kebanyakan hati mati (Qiyamat).*)

 Diantara keutamaan malam Nifshu Sya'ban adalah di riwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah r.a. dari Nabi Muhammad SAW, yang intinya adalah:

  1. Allah membuka 300 pintu rahmat
  2. Allah mengampuni dosa-dosa pada siapa saja yang tidak musyrik dan bukan orang ahli sihir, peramal, pendendam, rutin dengan minuman keras, yang membiasakan minum-minuman keras, rutin menjadi penzina, makan riba, menyakiti hati orang tua, orang yang suka mengadu domba, yang memutuskanhubungan persaudaraan, semua itu tidak akan diampuni kecuali bertaubat dan tidak mengulang lagi. **)
Adapun amaliyah yang umum adalah membaca surat Yasin 3 kali sesudah maghrib , lalu berdoa dengan membaca Al Asmaa-ul Husnaa memohon kepada Allah panjang umur tambah ibadah, riski yang luas dan barokah, serta mohon perlindungan agar terhindar dari balak / mara bahaya dunia dan akhirat.


  1. *) Keutamaan Bulan Ramadahan (Fadhilah Sholat Tarawih) diambil dari terjemah Durrotun Nasihin, hal 46-47 Alih Bahasa : Drs. Rosihin Abdul Gani Penerbit Wicaksana Th. 1985
  2. **)ibid, hal. 208

Komentar

Postingan populer dari blog ini

download free rs2xml

Artikel tentang LINQ

Makalah Etika Politik Berdasarkan Pancasila